Berbicara sedikit tentang Akustik..

Mendegar kata akustik, mungkin sebagian besar orang akan berpikir tentang suara. Lebih detail lagi beberapa orang atau mungkin banyak orang akan berimajinasi kepada Alat Musik Akustik (seperti gitar Akustik). Pola pikir seperti itu memang tidak bisa dikatakan salah, karena pada ilmu Akustik hal-hal tersebutpun terangkum didalamnya.

Lalu, Sebenarnya apa itu Akustik?
Mungkin akan terdengar seperti orang ahli kalau saya membuat definisi akustik sendiri. Maka dari itu sebagai orang yang sama-sama masih belajar saya akan mencoba  mengupas sedikit tentang definisi Akustik dari beberapa referensi.
"Akustik adalah salah satu cabang fisika yang mempelajari suara getaran dan sifat-sifatnya serta aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari." (Dikutip dari buku ; Pengantar Ilmu Akustik). Seperti
yang saya katakan bahwa tidak salah orang berpikir tentang suara atau alat musik karena memang dalam ilmu akustik hal tersebut sering kali menjadi bahan perbincangan. Lalu bagaimanakah batasan ilmu akustik? Dalam setiap bidang ilmu saya rasa tidak akan pernah menemukan batasnya, bahkan tidak pernah habis untuk dicari. Apalagi ilmu akustik sendiri masih perlu banyak eksperimen untuk berkembang lebih jauh lagi. Hanya saja, lingkup ilmunya yang memiliki batasan. Seperti kutipan sebelumnya,"Akustik adalah salah satu cabang fisika yang mempelajari suara getaran dan sifat-sifatnya serta aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari." Maka dari itu dalam ilmu akustik akan banyak mengupas tentang, Suara, Getaran, Sifat-sifat seta aplikasinya.

Meskipun bisa dikatakan ilmu akustik belum banyak dapat berdiri sendiri. Namun pengolahan ilmu akustik sudah sangat luas. Untuk melihat betapa luasnya ilmu mari kita lihat beberapa contoh cabang/pengembangan dalam ilmu Akustik :
- Architectural Acoustics
- Laser Acoustics
- Animal Bioacoustics
- Acoustics Oceanografi
- Biomedical Ultrasound
- Engineering Acoustics
- Musical Acoustics
- Physical Acoustic
- Speech Comunication
- dan lain-lain

Selanjutnya, mari kita kupas sedikit demi sedikit ilmu yang ada dalam akustik.
Hal pertama adalah bunyi, Apa itu bunyi?
Secara sederhana bunyi atau voice didefinisikan sebagai getaran benda yang disampaikan oleh zat perantara ke indera pendengaran atau dengan kata lain merupakan sensasi pendengaran dalam telinga.
Bunyi atau yang lebih kenal dengan suara juga dapat didefinisikan sebagai perubahan tekanan pada atmosfer udara yang disebabkan oleh suatu getaran.
Setidaknya untuk terjadi bunyi dibutuhkan 3 hal penting yaitu, Sumber Bunyi, Zat Perantara, dan Indera Pendengar.
Umumnya bunyi digolongkan menjadi :

1. Bunyi Infrasonik, merupakan bunyi yang menghasilkan getaran kurang dari 20 Hz perdetik. Pada batasan ini manusia tidak dapat mendengar bunyi infrasonik. Contoh binatang yang bisa mendengar suara ini yatu jangkrik.

2. Bunyi Audiosonik, yaitu bunyi yang dapat didengar oleh manusia. (berkisar pada frekuensi 20Hz-20KHz)

3. Bunyi Ultrasonik, bunyi yang berada di atas batas pendengaran manusia yaitu diatas 20 KHz. Contoh binatang yang bisa mendengar suara ini yaitu Lumba-Lumba.

Masih sangat banyak bahasan tentang accoustics yang bisa kita pelajari. Insya Allah masih berlanjut di artikel selanjutnya..
Sekian..

Semoga bermanfaat..
Best Regards,

wildkoestische.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

-New Era-